Tuliskan 5 Teori masuknya Hindu Buddha ke Indonesia

Tuliskan 5 Teori masuknya Hindu Buddha ke Indonesia

Pembahasan

Terdapat 5 teori yang menjelaskan masuknya pengaruh kebudayaan dan agama Hindu-Buddha ke Indonesia

1. Teori Brahmana, teori yang menjelaskan bahwa yang menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu- Buddha ke Indonesia adalah kaum Brahmana, karena hanya kaum Brahmana yang bisa menguasai kitab Weda.

2. Teori Ksatria, teori yang menjelaskan bahwa yang menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah kaum Ksatria, karena pada saat itu di India sedang mengalami peperangan yang berkepanjangan sehingga golongan ksatria merasa jenuh dan mencari daerah baru untuk ditempati.

3. Teori Waisya, teori yang menjelaskan bahwa yang menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah kaum Waisya, karena masyarakat nusantara mempunyai hubungan perdagangan yang baik dengan pedagang India atau golongan Waisya.

4. Teori Sudra, teori yang menjelaskan bahwa yang menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah kaum Sudra, karena kondisi sosial ekonomi yang buruk di India sehingga golongan sudra mencari daerah baru untuk ditempati.

5. Teori Arus Balik, teori yang menjelaskan bahwa yang menyebarkan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia adalah masyarakat nusantara sendiri karena terdapat peninggalan berupa prasasti Nalanda yang memuat mngenai pendirian asrama untuk para pelajar nusantara yang sedang mempelajari agama Hindu-Buddha. Teori-teori ini dikemukakan oleh para ahli dengan berbagai analisisnya.

Jawaban

Jadi, jawabannya adalah teori Brahmana, Ksatria, Waisya, Sudra, dan teori arus balik.

See also Alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yaitu