Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah

Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah ……

A. Membentuk KNIL

B. Menerapkan Blokade Ekonomi

C. Melakukan Agresi Militer

D. Membentuk negara-negara boneka

Pembahasan

Setelah Jepang menyatakan menyerah kepada pihak Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia berada dalam situasi kekosongan kekuasaan atau Vacum of Power. Jepang kemudian menyatakan bahwa pemerintahan diberikan kepada pihak sekutu bukan kepada pihak Indoneisa sehingga saat itu Indonesia harus menunggu sekutu datang untuk bisa menjalankan pemerintahan.

Pada tanggal 29 September 1945 sekutu mendarat di Tanjung Priok dan dilanjutkan pada akhir Oktober 1945 dengan memasuki 3 pelabuhan utama di pulau Jawa meliputi jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kedatangan sekutu ternyata tidak sendirian mereka datang bersama dangan NICA.

NICA datang ke Indonesia secara terang-terangan bertujuan untuk menegakakan kembali kekuasaan Belanda, adapun usaha tersebut dilakukan dengan membuat negara boneka yang dibentuk melalui Van Mook antara tahun 1946-1949. Adapun negara boneka buatan Belanda yaitu Negara Indonesia Timur (NIT), Negara Sumatera Timur, Negara Pasundan, Negara Madura, Negara Sumatera Selatan, dan Negara Jawa Timur.

Belanda melakukan segala cara untuk kembali menguasai semua kawasan Indonesia dengan bantuan tentara sekutu. Akhirnya mereka membuat sebuah negara boneka dengan tujuan utama memecah belah persatuan bangsa Indonesia sehingga mudah untuk dikuasai lagi oleh Belanda

Jawaban

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

See also Bagaimana penerapan Pancasila sebagai dasar negara pada masa awal kemerdekaan