Sebutkan lima faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya

Sebutkan lima faktor pendorong terjadinya perubahan sosial budaya!

Pembahasan

Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial, antara lain:

1. Kontak dengan budaya lain, penyampaian pengetahuan tentang ide, keyakinan, dan hasil-hasil budaya. Adanya kontak dengan budaya lain menjadikan satu kebudayaan bertemu dan saling bertukar pengetahuan.

2. Sistem pendidikan yang maju, pendidikan mengajarkan manusia untuk berpikir ilmiah dan objektif sehingga manusia dapat menilai bentuk kebudayaan yang sesuai atau tidak sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

3. Sikap menghargai hasil karya orang lain, dengan menghargai hasil karya individu lain, maka mendorong individu tersebut untuk berinovasi.

4. Sistem masyarakat terbuka, memungkinkan terjadinya gerak sosial vertikal yang lebih tinggi sehingga memberi kesempatan kepada individu untuk maju.

5. Ketidakpuasan terhadap bidang-bidang tertentu, dilatarbelakangi oleh rasa ketidakpuasan terhadap situasi dan kondisi saat itu hingga menimbulkan kekecewaan dan berujung pada revolusi dalam tubuh masyarakat.

6. Toleransi dalam perubahan sosial, menjadikan masyarakat lebih mudah menerima hal-hal baru.

7. Heterogenitas masyarakat dalam perubahan sosial, keberagaman dapat menimbulkan konflik antarkelompok dan konflik mendorong terjadinya perubahan sosial.

See also Dampak positif dari adanya globalisasi adalah