Sebutkan kerjasama ASEAN di Bidang Politik

Sebutkan kerjasama ASEAN di Bidang Politik?

Pembahasan

Berikut ini adalah bentuk-bentuk kerja sama ASEAN di bidang politik:

1. Pengiriman Duta dan Konsulat, Duta adalah wakil negara di bidang politik dan Konsulat adalah wkil dalam bidang perdagangan. Keberadaan duta dan konsulat diperlukan untuk mewakili negara pengirim dalam berdiskusi dan menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN.

2. Perjanjian Ekstradisi ASEAN, perjanjian ekstradisi dibuat sebagai upaya mengentaskan kejahatan lintas-batas seperti perdagangan narkoba, terorisme, perdagangan orang, penangkapan ikan ilegal, hingga pencucian uang.

3. Perjanjian kawasan bebas senjata nuklir, bertujuan untuk menjaga perdamaian dan melindungi kawasan Asia Tenggara dari pencemaran lingkungan serta bahaya yang disebabkan oleh sampah radioaktif dan bahan-bahan berbahaya lainnya.

4. Kerja sama kawasan yang damai, bebas, dan netral (ZOPFAN), Zone of Peace Freedom and Neutrality (ZOPFAN) merupakan kerjasama ASEAN untuk menjaga masing-masing negara agar tetap damai.

5. Traktat Persahabatan dan Kerjasama (TAC), merupakan traktat yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara. TAC mengatur mekanisme penyelesaian konflik di antara negara-negara secara damai.

See also Jelaskan jenis-jenis konflik yang terjadi akibat keberagaman masyarakat dan berikan contohnya