Salah satu dampak negatif dari penerapan bioteknologi yaitu hilangnya plasma nutfah. Dampak tersebut dapat mengakibatkan menurunnya

Salah satu dampak negatif dari penerapan bioteknologi yaitu hilangnya plasma nutfah. Dampak tersebut dapat mengakibatkan menurunnya ….

Pembahasan

Bioteknologi merupakan ilmu yang menerapkan prinsip ilmiah dan kerekayasaan untuk penanganan dan pengolahan bahan mentah organik maupun anorganik dengan bantuan makhluk hidup seperti mikroorganisme, sel hewan, dan tumbuhan untuk meningkatkan potensi makhluk hidup serta menghasilkan produk dan jasa bagi kepentingan hidup manusia.

Penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia umumnya bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi dampak negatif yang mungkin timbul ialah hilangnya plasma nutfah. Plasma nutfah merupakan sumber daya genetik yaitu bagian tubuh tumbuhan, hewan, atau mikroorganisme yang mempunyai fungsi dan kemampuan mewariskan sifat. Jika plasma nutfah hilang, maka keanekaragaman hayati akan menurun. Hal ini dapat terjadi karena bibit atau induk yang dikategorikan kurang baik akan dibuang sehingga keanekaragaman menurun.

See also Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan oncom adalah