Pelapukan tanah dapat terjadi secara biologi, kimia, dan fisika. Di antara lokasi berikut, lokasi yang tanahnya paling cepat mengalami pelapukan adalah daerah

Pelapukan tanah dapat terjadi secara biologi, kimia, dan fisika. Di antara lokasi berikut, lokasi yang tanahnya paling cepat mengalami pelapukan adalah daerah ….

A. Hujan tropis yang subur

B. Padang rumput yang kering

C. Memiliki curah hujan tinggi

D. Gurun pasir yang sangat panas

Pembahasan

Pelapukan merupakan suatu proses penghancuran massa batuan, baik yang terjadi secara fisika, kimia, maupun secara biologi.

Pelapukan fisika adalah penghancuran secara mekanis dari batuan induk menjadi partikel-partikel kecil akibat pengaruh dingin, panas, angin, dan abrasi.

Pelapukan kimia adalah pelapukan atau penghancuran batuan oleh aktivitas air yang mengandung begin mathsize 14px style CO subscript 2 end style terlarut yang menyebabkan hidrolisis, hidrasi, atau larutnya mineral. Pelapukan ini menghasilkan bahan-bahan yang berbeda dengan bahan asal, yaitu batuan induk. Lokasi yang tanahnya paling cepat mengalami pelapukan adalah daerah hujan tropis yang subur. Di lokasi ini terjadi pelapukan biologi.

Pelapukan biologi adalah pelapukan oleh aktivitas organisme, seperti penetrasi akar tumbuhan dalam tanah yang menyebabkan meluasnya pecahan-pecahan atau retakan-retakan dalam tanah. Produksi undefined sebagai hasil respirasi tumbuhan membantu pelapukan secara kimiawi.

Jawaban

Pilihan jawaban yang paling tepat adalah A.

See also Sebutkan 4 gangguan atau penyakit pada sistem pernafasan manusia beserta penyebabnya