Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena

Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin disebut sebagai produk bioteknologi karena …

A. Diproduksi dalam skala besar dengan memanfaatkan mikroorganisme

B. Proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan bakteri

C. Proses pembuatannya melalui proses fermentasi dengan memanfaatkan Saccharomyces

D. Proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan Saccharomyces

Pembahasan

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan makhluk hidup dan produk makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa bagi manusia melalui teknik tertentu berdasarkan prinsip ilmiah. Salah satu manfaat bioteknologi yaitu di bidang kedokteran dan farmasi. Manfaat bioteknologi di bidang kedokteran yaitu vaksin.

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Pemberian vaksin dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit – penyakit tertentu. Vaksin termasuk produk bioteknologi karena proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika menggunakan mikroorganisme.

Vaksin dapat dibuat dari mikroorganisme yang dilemahkan atau RNA mikroorganisme. Contoh vaksin yaitu vaksin polio dan vaksin COVID-19. Produksi vaksin secara komersil menerapkan disiplin bioteknologi yang disebut bioproses. Teknik-teknik bioteknologi modern seperti rekayasa genetika dan kultur sel memungkinkan pengembangan vaksin dilakukan dengan efektif, cepat, dan ekonomis.

Jawaban

Pilihan jawaban yang paling tepat adalah B.

See also Reaksi kimia yang terjadi pada peristiwa fermentasi, seperti pada pembuatan tape adalah