Deretan sinklinal dan antiklinal dalam bentuk lembah yang sangat luas disebut

Pertanyaan

Deretan sinklinal dan antiklinal dalam bentuk lembah yang sangat luas disebut…

Pembahasan

Lipatan merupakan salah satu bentuk tenaga orogenesa yang terbentuk akibat tenaga endogen. Lipatan terbentuk oleh tekanan dari dalam Bumi yang tidak terlalu kuat sehingga menyebabkan batuan melipat. Lipatan memiliki dua bagian, yaitu antiklin dan sinklinal.

Antiklinal adalah bagian dari lipatan yang memiliki posisi lebih tinggi dari bagian lipatan lainnya. Lipatan antiklinal akan membentuk bumi menjadi cembung,contohnya membentuk pegunungan atau perbukitan. Sedangkan, sinklinal adalah bagian lipatan yang memiliki bagian yang lebih rendah dari bagian lipatan lainnya.

Lipatan sinklinal akan membentuk suatu permukaan bumi menjadi cekung, contohnya pada lembah. Sebuah formasi lipatan yang kompleks dapat terjadi bila ada gabungan lipatan sinklinal dan antiklinal. Puncak lipatan ini biasanya disebut dengan antiklinorium, sedangkan pada cekungan lipatan biasa disebut dengan sinklinorium. Contoh Antiklinorium besar ada di Pulau Jawa yang dikenal sebagai struktur lipatan anjakan Jawa (Jawa fold thrust belt), di Pulau Kalimantan dinamakan Antiklinorium Samarinda dan di Papua dikenal dengan nama Lengguru Fold Thrust Belt.

See also Inti bumi bagian dalam yang sangat panas bersifat padat. Suhu pada inti luar yang lebih rendah dibandingkan inti dalam bersifat cair. Bagaimana kondisi ini bisa terjadi