penyimpanan Google penuh

Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Google Penuh

Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Google Penuh. Mungkin kamu semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Google Drive, tempat penyimpanan online ini didirikan oleh Google sejak tahun 2012 lalu. Banyak dari pengguna dunia maya yang memanfaatkan fasilitas cloud ini dikarenakan aksesnya yang mudah dan simpel.

Google menyediakan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis. Bila Kamu ingin mendapatkan kapasitas ruang yang lebih besar bisa dengan cara meng-upgrade akun ke layanan berbayar dan berlangganan setiap bulannya. Namun, Kamu bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi penyimpanan limit pada google drive tanpa harus berlangganan setiap bulan melalui Android.

Berikut Ini Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Google Penuh

Hapus File di Google Drive

Kamu bisa melakukan cara paling sederhana untuk mengatasi penyimpanan yang limit pada aplikasi Google Drive yaitu dengan menghapus file di Google Drive. Data yang kamu hapus di google drive bisa dilakukan secara temporary (sementara) atau permanen, bila hanya dihapus sementara maka storagenya tidak akan bertambah karena data yang dihapus masih dihitung sebagai file sampah.

Baca Juga : Cara Membuat Link Twibbon Di Google Drive Dengan Mudah Dan Cepat

Setiap file yang berhasil Kamu download menggunakan google drive akan tersimpan juga di memori internal ataupun eksternal di Android Kamu, sehingga apabila file di akun google drive Kamu dihapus secara permanen tidak akan menjadi masalah karena file di ponsel Android masih akan tetap utuh.

Berikut Ini Cara Menghapus File di Google Drive

Buka akun Google Drive Kamu di ponsel Android dan Kamu akan melihat berbagai file baik dokumen, foto, film, atau game yang diunduh sebelumnya.

Setelah itu, tekan pada file yang ingin Kamu hapus hingga Kamu bisa melihat beberapa opsi untuk file tersebut, misalkan Unduh, Kirim salinan, Buang, dll. Kemudian Kamu pilih Buang dengan ikon Sampah untuk menghapus file. Jika Kamu tidak menemukannya di layar beranda, Kamu bisa menggeser layar ke atas karena opsinya ada di bagian bawah. Kemudian file tersebut akan dihapus sementara dan disimpan di recycle bin.

Untuk menghapusnya secara permanen, Kamu bisa buka opsi menu di kiri atas. Pilih menu Recycle Bin, daftar file yang telah dihapus sementara akan muncul. Klik pada tanda opsi (tiga titik berjajar dari atas ke bawah), beberapa opsi akan muncul, pilih dan klik “Hapus secara permanen”.

Kemudian akan muncul kotak dialog yang menyatakan bahwa file tersebut akan dihapus secara permanen dan tidak dapat diurungkan. Kemudian Kamu pilih “hapus secara permanen” dan file akan benar-benar hilang dari akun Google Drive Kamu, Setelah itu Kamu bisa menggunakan untuk mengunduh file dengan ruang penyimpanan masih tersedia.

Kamu dapat melihat berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa di akun Google Drive ruang menggunakan opsi menu di kiri atas, yang dapat ruang gunakan untuk menghapusnya secara permanen dengan memilih menu “Penyimpanan” atau “Informasi penyimpanan”.

Tambahkan Akun Google Lain Di Perangkat Smartphone

Ini adalah trik untuk meningkatkan hak penyimpanan di Google Drive. Cara ini memang merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi batas penyimpanan di Google Drive. Kamu cukup menambahkan akun Gmail lain di ponsel Android Kamu, baik melalui aplikasi Mail atau aplikasi Google Drive itu sendiri. Untuk menambahkan akun lain di ponsel Android.

Nah, ketika akun Gmail lain berhasil ditambahkan, Kamu hanya perlu mengganti akun Google di aplikasi Google Drive sebagai berikut:

Silahkan buka aplikasi Google Drive di ponsel Kamu.

Kamu tinggal klik pada ikon bar (tiga garis)

Kemudian Kamu cukup ketuk salah satu avatar akun lain

Selesai. Dengan cara ini, Kamu sudah memiliki kapasitas/memori gratis sebesar 15 GB untuk mengisi berbagai file backup di smartphone Android Kamu.

Penutup

Nah, beginilah cara mengatasi batas penyimpanan Google Drive tanpa harus meng-upgrade akun ke layanan berbayar melalui ponsel Android. Sangat mudah dan cepat bukan? Semoga informasi ini dapat membantu untuk mengatasi masalah batas penyimpanan di Google Drive Kamu.