Aplikasi Desain Grafis terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis terbaik

10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis terbaik. Dalam dunia bisnis, baik itu startup, multinasional dan juga bisnis UMKM, Kamu pasti membutuhkan seorang desainer grafis. Ada banyak aspek bisnis yang membutuhkan desain grafis. Misalnya konten media sosial, iklan, brosur, menu, banner, kemasan dan masih banyak lagi. Pernahkah Kamu membeli barang tertentu karena kemasannya yang lucu? Atau karena visualisasi di iklannya bagus banget? Kalau begitu, kita sama saja.

Untuk membuat sebuah desain ada banyak aplikasi desain grafis yang bisa digunakan. Berikut rekomendasi 10 aplikasi desain grafis terbaik dan terpopuler. Apa saja aplikasinya?

Berikut ini 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis terbaik

Adobe Photoshop

Aplikasi desain grafis ini pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian dari kita. Menurut situs resmi Adobe, lebih dari 90% profesional kreatif di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini.

Photoshop adalah perangkat lunak berbasis bitmap. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit foto, mengubah komposisi foto, menggabungkan seni digital, mengubah latar belakang dan membuat desain grafis.

Baca Juga : Cara Membuat Link Twibbon Di Google Drive Dengan Mudah Dan Cepat

Selain itu, Photoshop memungkinkan Kamu menghapus objek, memperbaiki objek, mencampur objek, dan mewarnai ulang objek.

Adobe Photoshop dapat digunakan di Windows dan Mac. Dilansir dari laman resminya, Photoshop kini sudah bisa digunakan di iPad. Adobe juga membuat aplikasi edit foto untuk iOS dan Android yang diberi nama Photoshop Express Photo Editor.

Sayang aplikasi ini tidak gratis alias harus berbayar. Harganya mulai dari Rp. 187.000 menjadi Rp. 996.000 Rupiah tergantung paket yang ingin Kamu pilih. Photoshop juga menawarkan uji coba gratis jika Kamu ingin mencoba dan belajar terlebih dahulu.

Adobe Ilustrator

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis terbaik selanjutnya masih dari Adobe yaitu Adobe Illustrator (Ai). Ini adalah aplikasi desain yang berfokus pada desain vektor. Kamu dapat menggunakan Ai untuk membuat maket tata letak situs web, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Karena Ai berbasis vektor, desain Kamu tidak akan rusak saat diperbesar.

Jangan khawatir jika Kamu seorang pemula dan baru belajar menggunakan Ai. Adobe Illustrator menawarkan banyak template yang dapat Kamu unduh dan gunakan secara langsung.

Aplikasi ini berfungsi di Windows, Mac, dan iPad. Sama seperti Adobe Photoshop, Ai dibayar untuk digunakan secara legal. Biaya berlangganan mulai dari Rp 395.000 per bulan.

Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mendesain layout atau layout pada media cetak atau digital. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pekerja kreatif di industri penerbitan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Google Penuh

Dengan InDesign, Kamu dapat menyesuaikan tata letak untuk membuat buku, majalah, eBuku, poster, PDF interaktif, dan banyak lagi. Desain yang dibuat dengan InDesign dapat diimpor dalam berbagai format. Misalnya JPG, PDF, Dokumen, PSD, dan lainnya.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows dan Mac. Jika Kamu ingin mencoba belajar, Kamu dapat menggunakan versi uji coba gratis. Jika cocok, Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara legal. Biaya berlangganan Adobe InDesign adalah Rp 395.000 per bulan.

Paket grafis CorelDRAW

CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Dengan aplikasi ini Kamu dapat membuat logo, poster, brosur bahkan undangan pernikahan. Dengan aplikasi ini Kamu dapat membuat desain berbasis vektor apa pun. Karena basisnya adalah vektor, desain yang dihasilkan tidak akan rusak meskipun diperbesar.

Kamu dapat mengekspor atau mengimpor file sesuai kebutuhan. Misalnya Ai, PSD, PDF, JPG, PNG, SVG, DWG dan lain-lain.

Aplikasi CorelDRAW dapat digunakan di Windows, Mac dan iPad. Ini juga merupakan aplikasi tema berbayar, tetapi mereka memiliki uji coba gratis 15 hari sehingga Kamu dapat mencoba dan belajar sebelum memutuskan untuk berlangganan. CorelDRAW dapat dibeli dengan dua cara. Bayar setiap tahun atau beli sekali. Biaya berlangganan tahunan adalah $399 atau sekitar Rp5.700.000.

Inkscape

Aplikasi desain berikutnya yang akan kita bahas adalah aplikasi desain grafis gratisyaitu aplikasi Inkscape.

Inkscape adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Aplikasi ini cocok untuk membuat logo berbasis vektor, ilustrasi dan grafik lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Twibbon Dengan Mudah dan Praktis

Aplikasi ini bisa digunakan diberbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac. Di situs resminya, aplikasi ini menyediakan berbagai tutorial menggunakan Inkscape. Mulai dari tips dan triknya. Jadi jika kamu masih pemula dan baru belajar maka tidak ada salahnya kamu mencoba aplikasi yang satu ini.

Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang sangat populer. Selain gratis, aplikasi ini juga mudah digunakan. Biasanya, Canva sering digunakan untuk membuat resume. Selanjutnya, di Canva kita dapat membuat desain yang berbeda untuk tujuan yang berbeda.

Kamu dapat membuat logo, konten media sosial, kartu nama, menu, spanduk, poster, cerita Instagram, infografis, presentasi, dan lainnya. Ini sangat baik untuk membuat desain yang tidak terlalu rumit dan membutuhkan waktu yang cepat. Kamu dapat membuat tema dari 0 atau menggunakan template yang sudah ada.

Aplikasi desain grafis ini dapat digunakan secara online melalui internet atau dengan mengunduh aplikasi ke ponsel. Canva berfungsi di Android dan iOS. Aplikasi ini gratis untuk digunakan tetapi jika Kamu ingin menggunakan semua fitur yang tersedia, Kamu dapat membeli aplikasi premium. Berbagai paket harga ditawarkan, yang dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan Kamu. Kamu bahkan dapat mencoba paket Pro secara gratis selama 30 hari.

Desainer Afinitas

Dilihat dari review aplikasi Affinity Designer merupakan alternatif dari Adobe Illustrator. Aplikasi desain grafis ini dapat digunakan untuk membuat logo, ikon, desain UI, maket, dan lainnya.

Jika AI berbasis vektor, Kamu dapat beralih dari bitmap ke vektor dan sebaliknya di Affinity Designer. Jika Kamu biasanya bekerja dengan Photoshop dan Adobe Illustrator, menggunakan Affinity Designe dapat menghemat waktu dan lebih nyaman.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Harga pembelian aplikasi ini adalah $54,99 atau sekitar Rp. 787.000 untuk Windows dan Mac. Untuk iPad, harganya $21,99 atau Rp 314.000.

Desainer Gravit

Gravit Designer adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Fungsinya kurang lebih sama seperti pada aplikasi berbasis vektor seperti Corel, Inkscape dan Ai. Dapat melakukan grafik vektor, desain UI, pengeditan web dan foto.

Aplikasi ini dapat digunakan secara online dan gratis di hampir semua platform seperti Windows, Mac OS, Linux, Chrome OS, Progressive Web App dan di browser. Selain itu, juga dapat digunakan secara offline sebagai aplikasi. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini secara offline, Kamu tidak dapat menggunakan versi gratisnya.

Untuk menikmati semua fiturnya, Kamu dapat berlangganan dengan biaya $49,99 atau sekitar Rp. 715.000 per tahun.

desainer

Desygner adalah aplikasi desain grafis yang mirip dengan Canva. Kamu dapat membuat desain secara online melalui situs web resmi atau mengunduh aplikasi. Desygner dapat digunakan untuk membuat logo, konten media sosial, banner, undangan, presentasi dan kebutuhan desain lainnya.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac dan juga di ponsel Android dan iOS. Dapat digunakan secara gratis atau berbayar. Dengan versi gratisnya, Kamu dapat mengakses ribuan template, ikon, format desain, dan berbagai fitur menarik lainnya.

vektor

Dari namanya kita bisa melihat bahwa aplikasi ini berbasis vektor. Fungsionalitas dan kegunaannya kurang lebih mirip dengan aplikasi desain berbasis vektor lainnya. Vectr dapat digunakan secara online melalui web atau diunduh ke desktop juga. Kamu bisa mancoba aplikasi ini secara gratis.

Jika Kamu baru mengenal desain vektor, di laman resminya terdapat berbagai tutorial bagi penggunanya seperti cara menggunakan aplikasi. Tutorial menjelaskan cara membuat desain seperti cara membuat kartu nama, logo, tipografi dan lainnya. Jadi Kamu bisa belajar membuat desain tertentu lebih jelas.

Penutup

Itulah 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis terbaik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Selain itu, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan di PC atau laptop saja, tapi bisa juga digunakan di Ipad ataupun handphone kamu lho. Nah, bila kamu lagi bingung sedang mencari aplikasi desain yang akan digunakan, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu dari 10 aplikasi ini. Selamat mencoba!

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

adobe cs2, cs6 mac, adobe cs6 master, photoshop cs 5, photoshop cs5, ps cs6, alternativeto photoshop, cs4 adobe, adobe cs6 mac, lightroom 6, adobe cs6, lightroom online free, lightroom 7, lightroom mac free, lightroom 5, illustrator macos, coreldraw technical suite 2021, corel 23.0, coreldraw graphics suite x6, sketch up pro 2021