Download Aplikasi Bansos

Download Aplikasi Cek Bansos Dari Kemensos RI

Download Aplikasi Cek Bansos Dari Kemensos RI. Pemerintah terus memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19 baik berbentuk BST, BPNT ataupun PKH. Masyarakat dapat mengecek datanya melalui Aplikasi Cek Bantuan Sosial menggunakan HP Android.

Aplikasi Cek Basos ini sangat memudahkan masyarakat ketika mendaftar dan mengecek bantuan sosial dari Kemensos RI. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat daftar penerima bantuan sosial disekitar daerahnya. Kehadiran Aplikasi ini tentu lebih mudah dan cepat, karena Anda tidak harus datang ke kantor kelurahan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Penghasil Uang Dari Google

Daftar Bantuan Sosial PKH dari Kemensos 2022

Untuk tahun 2022, pemerintah menganggarkan dana bantuan sosial hingga mencapai Rp73,8 triliun. Diantaranya, Rp45,1 triliun untuk BPNT/Kartu Sembako dan Rp28,7 triliun untuk PKH.

  • Ibu Hamil/Nifas menerima bantuan sebesar Rp 3 juta
  • Anak 0 hingga 6 tahun menerima Rp 3 juta
  • Pendidikan SD/setingkat menerima bantuan sebesar Rp 900 ribu
  • Pendidikan SMP/setingkat menerima sebesar Rp 1,5 juta
  • Pendidikan SMA/setingkat menerima sebesar Rp 2,4 juta
  • Penyandang Disabilitas sebesar Rp 2,4 juta
  • Lansia menerima bantuan sebesar Rp 2,4 juta

Bansos PKH ini akan disalurkan setiap 3 bulan sekali dalam empat tahapan (Januari, April, Juli, dan Oktober). Bantuan ini disalurkan lewat bank HIMBARA seperti BRI, BNI, Berdikari, dan BTN.

Cara Download Aplikasi Bansos PKH dari Kemensos RI

  1. Download Aplikasi Cek Bansos [Klik Disini]
  2. Bila belum memiliki akun, Anda bisa klik “Buat Akun Baru”
  3. Kemudian Tulis data diri lengkap sesuai KTP
  4. Selanjutnya isi kolom nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat lengkap, nomor telephone, dan juga e-mail
  5. Kemudian itu unggah swafoto sambil memegang KTP.
  6. Setelah semua selesai tinggal Anda klik “Buat Akun Baru”.

Cara Daftar DTKS Terbaru 2022

Bila Anda sudah mempunyai akun di Aplikasi Bansos, Anda bisa mendaftarkan diri, atau mengusulkan keluarga, masyarakat lain, atau fakir miskin. setelah data berhasil diusulkan akan berisi nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kecocokan wilayah dengan pengusul KK.

Data langsung akan dicocokan dengan data Dukcapil. Apabila NIK yang diinput terdaftar dalam Data Terintegrasi Kesejahteraan Sosial (DTKS). Maka tinggal menunggu pendistribusian bantuan sosial.

Jika Anda telah melakukan semua proses tersebut dan belum mendapatkan bantuan sosial, anda bisa menunggu diperiode berikutnya karena bansos ini akan disalurkan secara bertahap sepanjang tahun 2022.

Apabila Anda memiliki saudara yang kebetulan sedang mencari informasi Kartu Prakerja, Anda bisa mengeceknya disini.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:cara daftar bansos-