cara merawat ban mobil

Cara Merawat Ban Tubeless Mobil Agar Awet

Ban tubeless adalah salah satu tipe ban yang banyak digunakan oleh mobil keluaran terbaru. Salah satu kelebihan dari ban tubeless ini adalah kamu tidak perlu lagi harus menggunakan ban bagian dalam seperti tipe ban biasa. Nah, sudah tahukah kamu cara merawat ban tubeless mobil agar awet?

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti tidak membutuhkan perawatan. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan agar ban tubeless bisa bertahan lama diantaranya:

Cara Merawat Ban Tubeless Mobil Agar Awet

Tekanan Angin Harus Tepat

angin

Pastikan tekanan angin selalu dalam keadaan tepat. Apabila ban mobil dalam kondisi panas, sebaiknya hindari untuk mengurangi tekanan angin. kamu baru boleh menyesuaikan tekanan pada ban, bila kondisi ban mobil sudah dalam keadaan dingin. Kamu harus mengetahui ban bagian depan dan belakang memiliki tekanan angin yang berbeda. Secara umum, ban depan memiliki tekanan kurang lebih 30 – 32 Psi dan ban belakang 36 – 40 Psi. Selain itu, hindari tekanan berlebihan yang bisa membuat ban keluar velg.

Menghindari Jalanan Berlubang

Apabila kendaraan terus menerus melewati jalanan berlubang bisa berpotensi membuat velg bengkok dan mempengaruhi ban tersebut. Apabila memang terpaksa harus melewati jalan berlubang disarankan untuk melewatinya dengan kecepatan minimum agar bisa meminimalisir risiko kerusakan.

Periksa Ban Secara Teliti

Untuk memeriksa ban tidak sulit, yang perlu kamu lakukan hanyalah memeriksa bahu dan permukaan ban. Apabila belum melewati batas tanda D itu artinya ban masih bisa dipakai, itu berarti perlu segera diganti. Selain itu, periksa dinding dan tapak ban mobil, dikhawatirkan ada kerusakan atau retak.

Tidak Memuat Beban Berlebihan

Ketika liburan atau mudik bersama keluarga, terkadang kita suka mengabaikan batas maksimal beban muatan dari kendaraan yang bisa ditangani. Banyaknya barang bawaan dan penumpang di dalam mobil untuk waktu yang lama karena perjalanan panjang bisa menyebabkan ban mobil cepat aus. Selain itu, komponen lain juga rawan terhadap kerusakan karena ikut bekerja ekstra.

Spooring dan Balancing

Spooring dan Balancing

cara merawat ban tubeless mobil agar awet berikutnya adalah membawa mobil kesayangan ke tempat servis ban untuk melakukan spooring dan balancing. Meskipun ini membutuhkan biaya, namun sebanding dengan hasil yang akan didapatkan. Spooring dan balancing akan membuat ban tubeless selalu dalam kondisi prima dan bisa bertahan lama.

Membiarkan Penyebab Kebocoran

Bila ban mengalami kebocoran akibat terkena paku, pecahan kaca, atau yang lainnya. yang harus kamu lakukan adalah tidak langsung mencabut penyebab kebocoran, agar angin di ban mobil tersebut tidak segera keluar dan otomatis kempes. Sebaiknya lanjutkan berkendara sampai menemukan tempat tambal ban atau bengkel mobil, baru kemudian mencabut benda tadi.

Nah, itulah beberapa tips merawat ban tubeless mobil agar awet.