Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan dan Manfaatnya, Kesadaran masyarakat Indonesia akan resiko kecelakaan dijalan terbilang tinggi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya polis asuransi mobil yang ditawarkan. Bagi pemilik kendaraan, asuransi ini penting untuk dimiliki.

Bagi pemilik kendaraan yang ingin membeli polis asuransi, mungkin ada yang masih bingung memilih jenis asuransi mana yang terbaik untuk dimiliki sehingga memberikan manfaat yang maksimal. Untuk itu, pemilik kendaraan harus memahami dulu jenis pertanggungan yang akan dipilih. Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi kendaraan dan manfaatnya.

Baca Juga : 5 Perusahaan Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Jenis-Jenis Asuransi Kendaraan dan Manfaatnya

Asuransi All Risk

Tipe asuransi ini akan memberikan perlindungan dari segala risiko pada kendaraan Anda mulai dari kerusakan ringan, seperti lecet pada bodi mobil, hingga kerusakan berat akibat kecelakaan. Selain itu, jenis asuransi all-risk ini bisa melakukan perluasan pertanggungan seperti risiko asuransi akibat huru-hara atau penambahan aksesoris pada kendaraan.

Untuk bisa memiliki jenis asuransi All Risk, Anda harus membayar premi lebih mahal. Sebab pertanggungan dari jenis asuransi ini mencakup semua jenis resiko. Tapi semua itu sebanding dengan manfaat yang akan Anda didapatkan.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Sebenarnya tipe asuransi TLO tidak jauh berbeda dengan tipe asuransi All Risk. Perbedaannya terletak pada klaim yang diberikan, jenis asuransi ini hanya untuk mobil yang mengalami kehilangan total. Maksud dari kehilangan total disini ialah bila kendaraan mengalami kerusakan kurang lebih 75% sehingga tidak dapat digunakan atau hilang karena dicuri atau dirampas didukung dengan bukti yang bisa dipertanggungjawabkan.

Dapat disimpulkan, pertanggungan jenis asuransi TLO tidak mencakup segala risiko seperti asuransi all-risk. Untuk premi asuransi total loss only lebih murah dibandingkan premi asuransi all-risk.

Liability Insurance

Jenis asuransi yang satu ini memberikan jasa klaim berdasarkan kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara. Selain itu, keuntungan asuransi ini adanya pertanggungan tambahan seperti biaya tagihan medis atas cedera yang dialami pengendara. Bila Anda tertarik dengan jenis asuransi ini, Anda harus membayar premi di atas jumlah minimum yang ditawarkan.

Baca Juga : Manfaat dan Keuntungan Asuransi Mobil Garda Oto Syariah

Collision Coverage

Tipe asuransi collision coverage sebenarnya hampir sama dengan tipe liability insurance. Asuransi collision coverage ini adalah jenis asuransi yang hanya dikhususkan untuk membiayai kerusakan kendaraan bila terjadi kecelakaan, tapi tidak memberikan jaminan tambahan untuk biaya tagihan medis seperti liability insurance.

Bila Anda memiliki jenis asuransi ini dan mengalami kecelakaan, Anda bisa mengklaim pada pihak asuransi. Anda akan mendapat jaminan kendaraan sesuai dengan harga jual mobil.

Personal Injury Protection

Manfaat dari jenis asuransi personal injury protection adalah memberikan proteksi pada pengemudi yang mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri ketika mengemudikan kendaraannya. Bahkan, pihak asuransi juga sanggup memberikan biaya tambahan sebagai kompensasi atas terjadinya kecelakaan yang menimpa pengemudi dan penumpangnya.

Nah, itulah jenis-jenis asuransi kendaraan yang umum diketahui oleh masyarakat. Berikutnya kita akan membahas manfaat asuransi bagi kendaraan. Keuntungan apa saja yang umumnya diberikan pihak asuransi saat terjadi risiko kerugian. Berikut ini adalah benefit dari asuransi kendaraan yang dapat dirasakan oleh pemilik polis.

Manfaat Asuransi Kendaraan

Solusi Keuangan Saat Mengalami Kerugian

Untuk memperbaiki kendaraan seperti mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mungkin bisa mencapai jutaan rupiah bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mencapai total harga mobil tersebut. Hal ini bisa diminimalisir bila Anda memiliki polis asuransi, karena pihak asuransi akan menanggung nilai kerugian yang Anda alami.

Membantu Mengatur Keuangan

Bila kendaraan Anda mengalami kerusakan, seperti mobil mogok karena terendam banjir. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi pada kondisi keuangan Anda dan tidak menutup kemungkinan Anda akan menggunakan tabungan Anda untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Perbedaan Kredit Mobil Syariah dan Konvensional

Disinilah pentingnya asuransi kendaraan bila terjadi kerusakan maka akan di tanggung oleh pihak asuransi.

Menanggung Biaya Untuk Mobil Rental dan Derek

ada sejumlah asuransi yang memberi keuntungan berbentuk pertanggungan ongkos derek dan persewaan. Artinya bila kendaraan Anda masih dalam periode perbaikan maka pihak asuransi akan menanggung ongkos sewa mobil atau taksi sesuai dengan perjanjian polis asuransi yang telah disepakati bersama.

Disamping itu, bila mobil Anda mengalami mogok di jalan, maka pihak asuransi akan memberikan fasilitas derek secara gratis sesuai dengan polis asuransi yang sudah disepakati.

Solusi Ketika Mengalami Musibah Kerugian

Ada tipe asuransi yang memberikan fasilitas penjemputan bila mobil rusak, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membawa kendaraan ke bengkel rekanan. Anda cukup hubungi pihak asuransi untuk mengajukan klaim. Mobil yang menjadi pertanggungan akan dijemput sesuai lokasi yang Anda beritahukan. Bila selesai diperbaiki, kendaraan tersebut akan diserahkan ke lokasi sesuai dengan yang ada di dalam polis.

Menjaga Nilai Kendaraan

Keuntungan dari asuransi kendaraan ialah bila Anda ingin menjual mobil kesayangan Anda, maka nilai kendaraan tersebut tetap terjaga. Karena pihak asuransi akan memperbaiki mobil Anda sehingga terhindar dari penyok, lecet yang dapat menurunkan nilai jual.

Lebih Tenang

Dengan memiliki asuransi kendaraan mengetahui manfaatnya bisa membuat Anda menjadi lebih tenang ketika berkendara.

Solusi Saat Terjadi Kecelakaan

Kecelakaan dijalan menjadi pembunuh terbesar ketiga di Indonesia, sesudah jantung koroner dan TBC. Menurut data dari Ditlantas Polda Metro Jaya menyebutkan bahwa ada 4156 kasus kecelakaan di Jakarta pada 2018. Kelalaian manusia merupakan faktor primer terjadinya kecelakaan.

Baca Juga : 5 Asuransi Mobil Syariah Terbaik 2021

Ada juga sejumlah asuransi yang memberikan manfaat kecelakaan diri. Ketika terjadi kecelakaan, ongkos perawatan rumah sakit penumpang dan pengemudi akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Itulah jenis-jenis asuransi kendaraan dan manfaatnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:jenis asuransi kendaraan-