Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra Yang Perlu Diketahui

PT. Astra Daihatsu Motor resmi memperkenalkan Daihatsu Sigra pada ajang GIIAS 2016 lalu. Mobil LCGC berkapasitas 7 orang penumpang ini menjadi salah satu mobil favorit keluarga Indonesia. Untuk Anda yang berniat ingin memiliki mobil ini, tidak ada salahnya mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sigra.

Daihatsu Sigra menghadirkan 10 varian dengan dikisaran harga Rp120-Rp163 jutaan. Daihatsu membuat mobil low entry ini ditujuan bagi masyarakat kalangan menengah kebawah yang ingin memiliki kendaraan. Untuk segmen mobil LCGC, Daihatsu Sigra harus bersaing ketat dengan kembarannya dari Toyota Cayla agar bisa merebut hati konsumennya.

Baca Juga : Daftar Harga Mobil Daihatsu Terbaru di Indonesia

Pada tahun 2019 lalu, Daihatsu Sigra telah berbenah dengan menambahkan sejumlah fitur. walaupun telah menambahkan sejumlah fitur bukan berarti mobil ini tidak memiliki kekurangan. Hal ini berlaku juga pada Daihatsu Sigra. Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan Daihatsu Sigra yang satu ini, berikut penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sigra

Keunggulan Daihatsu Sigra

Fitur keselamatan

Kelemahan Daihatsu Sigra

Meskipun Daihatsu Sigra merupakan mobil low entry, tapi memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap. Diantaranya rem ABS, EBD, dan dual SRS Airbag. Selain itu, mobil Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan kamera parkir, dan sensor parkir depan belakang.

Ruang Kabin Cukup Nyaman

Daihatsu Sigra memiliki ruang kabin yang cukup praktis dan nyaman. Seperti untuk penumpang depan sudah dilengkapi sandaran tangan, memiliki banyak kantung penyimpanan di konsol tengah, bottle holder glove box, dan laci di kolong jok.

Baca Juga : Tips Mudah Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Mobil MPV yang satu ini belum dilengkapi dengan AC double blower. Tapi tidak perlu kuatir sebagai gantinya Daihatsu Sigra dilengkapi rear air circulation, fungsinya untuk menyalurkan udara dingin dari AC yang ada kabin bagian depan untuk diteruskan ke kabin tengah dan belakang.

Multimedia Sudah Touchscreen

Kelebihan lain dari mobil Sigra sudah dilengkapi multimedia touchscreen yang bisa terkoneksi dengan smartphone, dan ada juga port soket USB.

Mesin Irit

Pada bagian mesin Daihatsu Sigra dibekali dengan teknologi VVT-I sehingga konsumsi bahan bakarnya sangat irit. Untuk kapasitas mesin mobil Sigra terdapat 2 pilihan, yaitu kapasitas mesin 1.0L dan kapasitas mesin 1.2L.

Keunggulan Daihatsu Sigra

Untuk pemilik Daihatsu Sigra sebenarnya diwajibkan menggunakan bahan bakar dengan oktan diatas RON 92 (pertamax). Sedangkan mobil ini banyak digunakan masyarakat kalangan menengah kebawah. Sehingga berbanding terbaik, bila melihat harga mobil memang murah tapi bicara penggunaan bahan bakar cukup menguras kantong.

Kelemahan Daihatsu Sigra

Material Interior Biasa Saja

Salah satu kekurangan dari Daihatsu Sigra ialah penggunaan material yang biasa-biasa saja. Misalnya, diruang kabin material plastik yang menggunakan tipis dan kasar. Mungkin ada benarnya istilah ada harga ada kualitas.

Baca Juga : 7 Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

Fitur Minim

Sigra memiliki power outlet yang minim, jadi bagi penumpang suka main smartphone harus mengantisipasi dengan membawa charger ekternal (powerbank) sendiri karena minimnya soket listrik.

Sandaran Kepala

Ciri khas mobil LCGC pada umumnya memiliki sandaran kepala yang menyatu dengan jok. Tapi mungkin pada Daihatsu Sigra varian tertinggi sudah menyediakan head rest yang bisa diatur ketinggiannya.

Harga Jual Jatuh

Harga Daihatsu Sigra ini memang cukup terjangkau dibandingkan kompetitornya, namun harga jual kembalinya turun cukup drastis.

Kesimpulan

Keunggulan mobil Sigra memiliki fitur keselamatan yang komplit, kabin yang lega, irit bahan kabar,  dan harganya yang cukup terjangkau menjadi daya tarik tersendiri. Disamping kekurangannya dengan penggunaan material plastik yang tipis dan kasar, harus menggunakan bahan bakar pertamax yang cukup menguras dompet.