6 Perbedaan Transmisi Mobil Matic vs Manual

7 Perbedaan Transmisi Mobil Matic vs Manual

Mobil dibagi menjadi 2 jenis transmisi, yaitu matic (otomatis) dan manual. Hal ini, bagi sebagian orang menjadi salah satu pertimbangan ketika ingin memiliki mobil baru atau bekas. kadang-kadang hal ini bisa mencengangkan, padahal dari kedua transmisi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sebenarnya, pemilihan atau manual kembali lagi tergantung kenyamanan pengguna dalam berkendara. Sebelum memutuskan untuk memilih mobil matic atau manual, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari kedua jenis transmisi tersebut.

Baca Juga : 8 Tips Mudah Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Perbedaan Transmisi Mobil Matic dan Manual

harga

Bagi sebagian orang harga biasanya menjadi bahan pertimbangan utama. Umumnya, mobil bertransmisi matic harganya lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Selain itu, dari segi biaya perawatan mobil matic bisa dibilang lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual.

Sistem Transmisi

Perbedaan utama dari sistem transmisi matic dan transmisi manual bisa dilihat dari sistem pengoprasiannya. Untuk mobil matic terdapat 2 pedal yaitu : gas dan rem. Sedangkan pada mobil manual terdapat 3 pedal, yaitu : gas, rem, dan kopling .

Perbedaan Transmisi Mobil Matic vs Manual

Baca Juga : 8 Cara Mudah Merawat Radiator Mobil

Sistem transmisi mobil matic ketika melakukan perpindahan gigi menggunakana alat yang disebut gearbox. Umumnya transmisi yang digunakan pada mobil matic ada 6 transmisi, yaitu : Transmisi otomatis, semi otomatis, otomatis elektronik, Double Clutch Gearbox, Sequential manual, dan Continuously Variable Transmission.

Sementara, untuk transmisi manual perpindahan gigi dilakukan dengan menginjak pedal kompling dan menggeser tuas perseneling untuk berpindah giginya.

Cara Mengoperasikan

Cara mengoperasikan mobil matic sangat mudah, hanya menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal gas dan rem. Sedangkan, kaki kiri bebas tugas. Begitu juga peran tangan yang tidak terlalu berarti ketika pengoprasian.

Berbeda dengan cara mengoperasikan mobil manual, harus ada keseimbangan ketika melakukan perpindahan gigi. Kaki kanan menginjak pedal gas dan rem, sedangkan kaki kiri menginjak pedal kopling. Peran tangan juga selalu aktif, saat menggerakkan tuas perseneling ketika melakukan perpindahan gigi.

Baca Juga : 6 Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Sendiri

penggunaan bahan bakar

Untuk bahan bakar pada mobil matic bisa dibilang boros dibandingkan mobil manual, karena mesin pada mobil matic bekerja lebih berat. Sehingga pengeluaran untuk bahan bakar pada mobil manual jadi lebih hemat.

Kenyamanan Ketika Berkendara

Dilihat dari segi kenyamanan ketika berkendara, mobil matic adalah juaranya dibandingkan mobil manual. Mobil matic tidak perlu repot ketika melakukan perpindahan gigi transmisi berbeda dengan mobil manual.

Akselerasi

Pada umumnya mobil matic kurang responsif, sehingga sedikit susah diajak berakselerasi. Sedangkan, mobil manual karena lebih responsif sehingga sangat mudah untuk diajak berakselerasi.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

perawatan

Dalam hal biaya perawatan mobil manual lebih hemat, salah satu penyebabnya adalah spartpart yang banyak tersedia di pasaran. Berbeda dengan mobil matic untuk biaya perawatan yang terbilang mahal. Selain itu, untuk spartpartnya pun terbilang sulit ditemukan.

Kesimpulannya, baik mobil matic maupun mobil manual memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Baik dari segi harga, konsumsi bahan bakar, kenyamanan berkendara, dan biaya perawatan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:Belajar Mobil Manual - Perawatan Mobil Matic - Perawatan Mobil Matic Vs Manual - Perbedaan Mobil Manual Dan Matik - Perbedaan Mobil Matic Dan Manual - Transmisi Manual - Transmisi Matic - Transmisi Mobil- Transmisi Mobil Matic - Mobil Matic Vs Manual - Mobil Matic - Kekurangan Mobil Manual - Kekurangan Mobil Matic - Kelebihan Mobil Matic Vs Manual - Kelebihan Transmisi Manual - Matic Vs Manual - Mobil Manual - Mobil Manual Atau Matic - Mobil Manual Vs Matic - Transmisi Otomatis -