Cara Mengetahui Jenis Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Mobil

Cara Mengetahui Jenis Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Mobil

Cara Mengetahui Jenis Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Mobil, Ada empat tipe bahan bakar mobil yang biasa dipakai, seperti Premium, Pertalite, Pertamax, dan Solar. Dari keempat jenis bahan bakar ini memiliki kandungan oktan yang berbeda.

Pemilik kendaraan terutama mobilnya, saat sebelum isi bahan bakar harus diketahui lebih dulu jenis mesin dan rasio kompresi mesin seperti yang direkomendasi. Ini, bertujuan agar supaya tidak salah saat memakai bahan bakar. Pemakaian bahan bakar yang keliru dapat menyebabkan mesin pada mobil jadi bermasalah.

Baca Juga : 8 Tips Mudah Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Cara Mengetahui Jenis Bahan Bakar Yang Tepat Untuk Mobil

Mesin pada mobil umumnya dipisah menjadi 2, yakni: mesin memiliki tenaga bensin dan mesin memiliki tenaga diesel

Mesin Bensin

Premium

Pada bahan bakar Premium memiliki angka oktan 88 dengan rasio kompresi mesin 9:1, beberapa ciri berbahan bakar ini warna kuning terang. Harga Premium lebih dapat dicapai, hingga banyak warga yang memakai bahan bakar ini. Bahan bakar Premium mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Pertalite

Untuk bahan bakar Pertalite memiliki angka oktan sebesar 90 dengan rasio kompresi ada dikisaran 9:1 sampai 10:1. beberapa ciri bahan bakar ini warna hijau terang. Dengan kehadiran bahan bakar Pertalite, dikit demi sedikit geser pemakai bahan bakar Premium. Karena Pertalite di-claim lebih baik dari Premium.

Pertamax

Bahan bakar Pertamax memiliki peningkatan yang tinggi, beberapa ciri berbahan bakar ini warna biru terang. Pertamax memiliki angka oktan sebesar 92 dengan rasio kompresi ada dikisaran 10:1 sampai 11:1.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Untuk bahan bakar Pertamax dipisah jadi 2 klisifikasi yang semakin tinggi, yakni : Pertamax Turbo memiliki angka oktan 98 dan Pertamax Racing memiliki angka oktan 100 ke atas.

Mesin Diesel

Tenaga surya

Solar menemukan bahan bakar untuk mesin memiliki tenaga diesel dengan angka setana jumlah 48 dan kandungan sulfur sekitar 2500 ppm.

Dexlite

Sedangkan bahan bakar Dexlite memiliki jumlah setana 50 dan berkadar sulfur 1200 ppm. Dari perbedaan angka itu, bisa diambil kesimpulan Dexlite lebih bagus dari Solar. Bahan bakar dapat disebut jadi alternatif untuk mobil keluaran tahun 90an.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

Pertamina Dex

Pertamina Dex memiliki angka cetane minimum 53 yang mengandung sulfur kurang dari 300 ppm. Pertamina Dex bisa ditegaskan adalah tipe bahan bakar terbaik untuk mesin diesel dan memiliki kualitas tertinggi dikelasnya.

Saat ini telah mengetahui langkah menentukan bahan bakar untuk mobil kecintaan. dan pakai bahan bakar sama sesuai keperluan mobil.