8 Cara Mudah Merawat Radiator Mobil

8 Cara Mudah Merawat Radiator Mobil

Radiator bekerja sebagai alat pendingin mesin mobil. Komponen ini adalah salah satu perangkat vital agar performa mobil tetap dalam keadaan baik. Maka, cara mudah merawat radiator mobil ialah  pemilik mobil harus selalu memperhatikan dan mengecek air radiator. Umumnya, radiator diisi dengan cairan pendingin dengan tujuan untuk mengontrol suhu pada mesin mobil. kadang-kadang, pemilik mobil mengisi radiatornya hanya dengan udara biasa tidak menggunakan cairan khusus radiator.

Kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan korosi dan timbul karat pada radiator mobil. Oleh sebab itu, cara mudah merawat radiator mobil.

Baca Juga : 6 Cara Mudah Mengganti Oli Mobil Sendiri

Berikut ini Cara Mudah Merawat Radiator Mobil Yang Benar

Perhatikan volume cairan pendingin

Radiator harus dirawat dengan memperhatikan volume cairan pendingan yang terisi. Hal tersebut, untuk menjaga suhu mobil selalu dalam batas normal.

Jika volume cairan pada tangki radiator berkurang, dapat mengakibatkan overheat dan suhu pada suhu mesin mobil menjadi naik. Cara paling mudah untuk mengeceknya dengan melihat ketinggian air radiator di tangki cadangan.

Biasanya, pada tangki cadangan terdapat indikator full dan low. volume udara pada tangki cadangan berada di tengah-tengah.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Bersihkan Radiator Secara Berkala

Biasakan menguras tangki radiator secara berkala, agar terhindar dari korosi yang berasal dari bahan logam dari komponen yang terdapat didalam tangki.

mensucikan Radiator Penutup

Pemilik mobil kadang kurang memperhatikan pegas dan karet penyekat yang terdapat pada penutup radiator. Jika terjadi kerusakan maka otomatis temperatur mesin akan langsung naik.

Jika suhu mesin masih panas dilarang keras untuk membuka penutup radiator karena bisa menyemburkan cairan panas yang bisa berakibat fatal.

Cek Selang dan Klem

Selang dan Klem paling mudah mengalami getas dan terkena kebocoran, kedua komponen ini paling sering tekanan udara dan suhu panas.

Jika terlihat ada indikasi kerusakan pada selang lebih cepat diganti. Selain itu, pastikan juga klem selang masih mengikat dengan kuat.

Baca Juga : 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Beresiko Overheat

Kipas Pendingin

Kipas Pendingin bekerja untuk membuang panas pada mesin. Perhatikan kondisi silikon dan tali kipas selalu dalam keadaan baik.

Perhatikan Kisi Udara Radiator dan pompa oli

Fungsi kisi-kisi radiator adalah sebagai jalur keluar masuknya udara. Maka, sudah seharusnya kisi-kisi radiator juga harus diperhatikan.

Bersihkan kisi-kisi dari kotoran dengan menggunakan kuas halus. Kisi udara sangat rentan terkena dampak, akibat kekuatan angin dan pendinginan mesin tidak berjalan dengan baik.

Ketika mobil sebaiknya semprotkan udara dengan udara bertekanan. Memeriksa pompa oli juga tidak kalah pentingnya, karena jika terjadi kerusakan dapat mengakibatkan mesin mobil tiba-tiba mati.

pakai Air Kran

Sangat tidak disarankan untuk mengisi tangki radiator dengan memakai air kran. Perlu diketahui, air kran mengandung zat besi yang cukup tinggi. Hal ini bisa mengakibatkan korosi pada radiator mobil . Fungsi lain dari radiator adalah untuk mencegah karat pada saluran air radiator.

Baca Juga : 8 Tips Mudah Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Gunakan Radiator Coolant

Banyak yang disarankan untuk menggunakan radiator coolant. Fungsi lain dari radiator coolant adalah mengangkat kotoran dan karat yang berada di dalam tangki radiator.

Jika pemilik mobil merawatnya dengan baik, maka radiator akan awet dan bisa mengalami kerusakan sebelum waktunya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:Air Radiator Mobil - Tips Merawat Mobil- Tips Merawat Mesin Mobil - Radiator Mobil Bocor - Radiator Mobil - Merawat Radoator Mobil - Merawat Radiator Mobil Tua - Merawat Radiator Mobil - Merawat Radiator - Merawat Mobil - Merawat Mesin Mobil - Cara Rawat Radiator Mobil Tua - Cara Mudah Merawat Radiator Mobil - Cara Merawat Radiator Mobil - Cara Merawat Mesin Mobil - Cara Kuras Radiator Mobil - Tips Merawat Radiator Mobil -