Cek Daftar Penerima Subsidi Listrik PLN Disini

Cek Daftar Penerima Subsidi Listrik PLN Disini

Pemerintah kembali memberikan stimulus diskon tarif listrik PLN pada bulan September 2021.

Untuk pelanggan pascabayar, PLN akan memberikan subsidi dengan cara langsung memotong tagihan listrik pelanggan. Sedangkan bagi pelanggan prabayar, tarif listrik diberikan saat membeli token listrik.

Ada dua cara untuk bisa melakukan pengecek penerima subsidi tarif listrik PLN ini, pertama dapat dilakukan lewat aplikasi PLN Mobile. Aplikasi tersebut dapat didonwload di Play Store atau App Store. Untuk mengakses aplikasi PLN Mobile pelanggan harus sudah menginstal aplikasi tersebut di smartphonenya.

Cara kedua ialah cek token gratis PLN, penerima subsidi dapat mengakses laman resmi PLN di https://portal.pln.co.id.

Untuk lengkapnya cara cek subsidi listrik PLN bisa lewat aplikasi PLN Mobile dan laman resmi PLN.

Aplikasi PLN Mobile

  • Buka aplikasi PLN Mobile di smartphone
  • Lalu pilih menu Info Stimulus
  • Kemudian Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter lalu klik kirim

Laman Resmi PLN

  • Buka laman remi https://portal.pln.co.id
  • Klik Stimulus Covid-19 (Token Gratis)
  • Kemudian Masukkan ID pelanggan/Nomor Meter dengan benar
  • Isi kode captcha, lalu klik Cari
  • Lalu Masukkan nomor KTP, nama lengkap dan alamat sesuai KTP
  • Setelah itu isi kode captcha selanjutnya, klik “Simpan”

Bagi pelanggan yang masuk dalam kategori penerima subsidi, akan ada pemberitahuan besaran subsidi yang diberikan. Tapi, jika tidak masuk dalam kategori penerima diskon listrik, akan ada keterangan pelanggan tidak mendapatkan diskon.

PLN membuka saluran pengaduan bagi pelanggan terkait layanan diskon tarif listrik lewat aplikasi PLN Mobile. Stimulus listrik ini akan diberikan hingga akhir 2021.

Syarat Penerima Subsidi Listrik PLN

Subsidi listrik PLN berlaku bagi pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil dengan daya 450 VA dan industri kecil dengan daya 450 VA. Akan diberikan subsidi sebesar 50 persen dengan penggunaan maksimal 720 jam menyala.

Sedangkan bagi pelanggan golongan rumah tangga dengan daya listrik 900 VA bersubsidi akan diberikan subsidi 25 persen dengan penggunaan 720 jam nyala.

Pemerintah telah menganggarkan Rp 12,02 triliun untuk program subsidi lisrik PLN. Pada semester 1 tahun 2021, subsidi listrik PLN sudah mencapai Rp 6,75 triliun.