Cara Mudah Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

Cara Mudah Merawat Kopling Mobil Agar Lebih Awet

Kopling adalah salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan, ketika mesin yang berputar akan saling berkaitan satu sama lain. Salah satu yang mempengaruhi performa kendaraan khususnya mobil agar tetap prima adalah dengan cara merawat kopling mobil secara tepat.

Masalah umum pada kopling yang sering terjadi adalah slip yang sehingga mobil menjadi kurang tenaga. Hal ini dapat mengakibatkan boros bahan bakar karena tenaga dari mesin tidak tersalurkan.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Masalah lain koping rusak ketika tuas gigi tidak bisa dipindahkan. Penyebab koping jebol karena pelat kopling dan mesin menyatu sehingga tidak dapat terpisah, kabel kopling, dan silinder kopling yang bocor. Sulit menggerakkan tuas transmisi karena kopling yang lengket dengan mesin, biasanya disebabkan oleh masukan lumpur atau udara.

Berikut ini beberapa tips cara Merawat Kopling Mobil

Pengecekan Berkala

Merawat kopling mobil bisa dengan cara melakukan service rutin. Jika tidak mengerti masalah mobil, lebih baik bawa ke bengkel berlangganan dan terpercaya. Mekanik akan memeriksa kondisi kendaraan. Jika ada tanda-tanda akan terjadi kerusakan, pemilik mobil akan mengetahui dari awal.

Kopling Mobil Manual & Matic

Untuk kopling transmisi manual dengan matic memiliki perawatan yang berbeda, sebab kopling transmisi manual saat memasukkan gigi harus ditekankan dan dilepas. Sedangkan pada mobil matic, karena tidak memiliki wujud fisik maka kopling akan berpindah secara otomatis. Adapun dalam hal perawatannya memiliki cara yang berbeda, di antaranya:

manual transmisi

Ketika melakukan perjalanan, gunakan gigi satu agar mesin bisa beradaptasi. Agar mobil tidak terbebani secara tiba-tiba, perhatikan juga rute dan medan agar tidak melakukan perpindahan secara tiba-tiba. Hal ini berdampak pada kopling akan mudah rusak.

Transmisi matic

Usahakan untuk menggunakan oli transmisi yang berkualitas dan rutin untuk memeriksa tanki oli transmisi agar tidak kurang atau habis.

Baca Juga : Tips Mudah Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin dan Awet

Ganti oli transmisi jika jarak tempuh sudah mencapai kilometer 25 ribu.

Gunakan gigi sesuai fungsinya karena tiap huruf pada matic memiliki kegunaan, seperti N untuk posisi netral, D untuk maju, R untuk mundur, dan P dalam keadaan terparkir.

Menginjak Kopling

Cara merawat mobil selanjutnya memastikan ketika berkendara, ketika melakukan perpindahan gigi usahakan injak kopling dengan sempurna dan jangan terburu-buru melepas kopling kopling. Agar posisi kopling dan flywheel bekerja dengan baik.

Banyak orang yang tidak sadar di atas kaki di atas pedal kopling, bila ini dilakukan bisa mengakibatkan pelat kopling serta release bearing jadi aus.

Usahakan jangan menahan kopling pada posisi setengah baik itu sedang berada di lampu merah, saat berhenti di jalan menanjak atau terjebak macet. Lebih baik gigi dalam kondisi netral dan gunakan rem tangan untuk menahan posisi mobil .

Ketinggian Pedal Kopling

Perhatikan ukuran asli kopling mobil dari pabrik yang digunakan. Jika menginjakkan kopling merasa tidak nyaman, biasanya penyetelan ada yang belum tepat. Ukuran standar ini digunakan ketika setel ulang saat service.

Baca Juga : 7 Penyebab Utama Aki Mobil Sering Tekor

Kopling Bau Terbakar

Bila tidak merawat dengan baik, sewaktu-waktu sewaktu-waktu bisa mengeluarkan bau seperti benda yang terbakar. Jika mengalami hal seperti ini saat berkendara, demi keamanan sebaiknya menepikan mobil terlebih dahulu. Bau ini disebabkan dari kamplas kopling yang gosong akibat panas bergesekan dengan pressure plate.

Indikator Tabung Minyak Kopling

Perawatan koping berikutnya adalah memeriksa berkala pada indikator tabung minyak. Agar risiko kebocoran pada master bagian bawah bisa diketahui dari awal. Tanda adanya sebuah kebocoran dengan berkurangnya kapasitas minyak. Kemudian pastikan indikator dalam batas wajar.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci:Cara Merawat Kopling - Minyak Kopling Mobil - Kopling Mobil Keras - Kopling Mobil Berisik - Kopling Mobil - Kopling Keras - Kopling - Kerusakan Kopling Mobil- Kampas Kopling - Ciri-ciri Kopling Mobil Rusak - Ciri Kampas Kopling Mobil Habis - Penyebab Kopling Mobil Keras -